Tips Menghadapi Interview; Agar Diterima Kerja

Interview saat melamar pekerjaan memang keliatannya tidak pernah gampang, meskipun sudah berkali-kali melakukannya. Bertemu orang baru, "menjual" diri, dan kemampuan lo. Gue punya tips menghadapi interview, tips ini lebih ke persiapan sebenernya. Karena dengan persiapan yang baik akan membuat lo terhindar dari stres saat mau dan sedang interview, dan juga semakin baik persiapannya maka semakin nyaman saat interview berlangsung.

Berlatih


Berlatih apa nih maksudnya? ya berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam interview lah. Semakin sering berlatih, maka akan semakin jago atau mahir. Cristiano Ronaldo gak akan jadi pemain terbaik dunia 2014 kalo gak rajin berlatih. Berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan yang umum dan sering ditanyakan oleh pewawancaranya, dan menjawabnya dengan jujur, tegas, dan yakin. Lo bisa berlatih menjawab contoh-contoh pertanyaannya DISINI.

Riset


Riset apaan lagi nih? maksudnya riset atau mencari tau tentang perusahaan tempat lo ngelamar itu, jadi lo bakal siap dengan pertanyaan "apa yang anda tau tentang perusahaan ini?". Cari tau juga siapa nama orang yang akan mewawancarai lo, jadi ketika lo dateng ke kantor, langsung lo salamin dia dengan menyebut namanya. Kalo lo kurang yakin dengan namanya, takut salah misalnya. Coba telpon aja langsung ke kantor dan tanyakan siapa nama pewawancaranya. Kan gak lucu kalo salah nyebutin namanya.

Bersiap-siap


Pastikan pakaian yang lo pake itu rapi, dan cocok alias gak salah kostum misalnya pake baju renang saat interview. Pasti diusir satpam lo kalo begitu hehe. Pake kemeja terbaik lo saat interview, kalo bisa pake jas atau blazer lah. Bawa pulpen sendiri dan kertas untuk menulis catatan kalo diperlukan.

Datang Tepat Waktu


Udah jadi kebiasaan banyak orang Indonesia suka ngaret atau dateng terlambat tidak tepat waktu. Datang tepat waktu maksudnya datang lebih awal 5 atau 10 menit sebelum interview dimulai, jangan terlalu ngepas apalagi terlambat. Gak ada ruginya jadi orang disiplin dengan waktu, kalo kata motivator dunia yaitu disiplin itu bukanlah diatur waktu tapi kita lah yang mengatur waktu. Supeer sekali.

Tetap Tenang


Saat interview dimulai, tetaplah tenang dan kalem. Rileks aja jangan tegang. Tetap jaga kontak mata dengan pewawancaranya, dengar dan perhatikan baik-baik pertanyaannya sampai dia selesai menanyakannya baru lo jawab pertanyaannya. Ingat, jangan sampai lupa pertanyaannya, itu bakal bikin lo malu sendiri jadinya.

Tunjukin Apa Yang Lo Tau


Cobalah hubungkan apa yang lo tau tentang perusahaannya. Ketika sedang membahas pencapaian karir lo misalnya, cobalah hubungkan dengan apa yang dicari oleh perusahaan. Tujuannya supaya match atau cocok aja sih.

Kesimpulan


Persiapan sangat penting untuk kesuksesan interview, jadi bersiap-siaplah. Kalo lo punya tips menghadapi interview juga, gue bakal seneng untuk tau dari lo lewat kolom komentar di bawah ini.


Title : Tips Menghadapi Interview; Agar Diterima Kerja
Description : Interview saat melamar pekerjaan memang keliatannya tidak pernah gampang, meskipun sudah berkali-kali melakukannya. Bertemu orang baru, &...
Enter your email address to get update from Blog Rizal.

3 Responses to "Tips Menghadapi Interview; Agar Diterima Kerja"

sangat bermanfaat om :D
bisa diterapin pas saya mau ngelamar ke cewek saya *salahfokus*

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

hahaha tips ngelamar cewek belom ada bro... sayanya juga beloman kawin heuheuheu

Copyright © Tips Dari Rizal

Designed By: Rizerz