Tips Blog

Menulis memang menyenangkan apalagi kalo tulisan yang dihasilkan dipuji oleh orang lain. Di zaman internet ini semua orang bisa menulis sesuatu dan dibaca oleh jutaan orang, caranya adalah melalui sebuah blog. Gue punya tips blog buat lo yang baru mau mulai bikin blog. Semoga cocok tips blog dari gue ini.

Buat Blog


Langkah pertama kalo untuk punya blog, ya bikin dulu blognya. Gampang kok caranya dan gratis gak perlu bayar sama sekali. Pertama, bikin email dulu di Google. Kedua, buka Blogger kemudian daftar pake email yang tadi dibuat dan isi form nama nama website dan pilih tampilannya. Dan, sekarang lo udah punya blog.

Pilih Tema


Oiya, sebelum daftar tadi harusnya pilih dulu tema konten buat blog lo apa supaya nama dan konten blog lu nyambung. Kalo lo bingung pilih tema apa buat blog lo, gampang kok gak usah bingung. Begini caranya:
  • Apa hobi lo? tulis di kertas!
  • Apa keahlian lo?
  • Pernah ikut kursus keahlian? kalo pernah, itu bisa jadi tema juga, misal kursus menjahit atau yang lainnya.
  • Apa lo suka baca buku-buku dengan tema yang itu itu aja? misal buku tentang motivasi, nah lo bisa bikin blog bertema motivasi.

Rapihkan Blog


Setelah membuat blog dan memilih temanya, sekarang waktunya ngerapihin blog lo. Blog yang baru jadi memiliki tampilan yang sangat standar bawaan asli dari Blogger, widget-widgetnya juga belum teratur. Pertama, Download template blogger melalui Google atau bisa di btemplates, disitu bagus-bagus koleksinya dan pilih desain yang lo suka. Kedua, rapihin widget-widget blog lo, pilih yang penting-penting aja biar gak berat loading blognya, widget yang penting itu seperti arsip artikel-artikel lo supaya pengunjung mudah mencari artikel yang mereka mau. Yah, lo pilih-pilih aja lah yang penting, lo pasti bisa milihnya.

Tulis Konten/Artikel


Sekarang blog lo udah jadi dan rapih sesuai desain yang lu mau, dan juga punya tema. Abis itu saatnya lo bikin banyak artikel, bikin minimal seratus artikel buat blog lo itu. Tapi jangan bikin sembarang artikel, seperti artikel copas atau copy paste ambil dari artikel blog orang lain. Jangan deh, nanti blog lo bakal ditendang sama mbah Google dan ujung-ujungnya blog lo gak bakal ada pengunjungnya. Jadi buat artikel yang original hasil ketikan lo sendiri. Weits, tapi artikel original doang belom cukup. Artikel lo harus bermanfaat buat orang lain yang membaca. Artikel apa sih yang bermanfaat? coba gue tanya sama lo, kalo lo nyasar ke blog orang lain dan lo baca kalimat di sebuah artikel kayak gini "hari ini gue berangkat sekolah, terus pulang, terus main, terus malemnya tidur" apa reaksi lo? gue yakin lo langsung klik tombol back. Ya itu tadi contoh artikel diary, dan artikel-artikel seperti kurang menarik dan bermanfaat buat orang lain. Artikel yang bermanfaat itu contohnya artikel cara membuat website, dsb.

Kesimpulan


Begitulah tips blog dari gue. Pilih tema, lalu bikin blognya, rapihin desainnya, dan terakhir tulis artikel yang original dan bermanfaat. 
Title : Tips Blog
Description : Menulis memang menyenangkan apalagi kalo tulisan yang dihasilkan dipuji oleh orang lain. Di zaman internet ini semua orang bisa menulis s...
Enter your email address to get update from Blog Rizal.

Copyright © Tips Dari Rizal

Designed By: Rizerz