11 Tips Tidur Nyenyak

Gak ada hal yang membuat frustasi selain gak bisa tidur. Cuma gerak kanan kiri di kasur. Pikiran melayang, mikirin hal-hal yang terjadi hari ini. Tapi tenang semua bisa diatasi, gue punya 11 tips tidur nyenyak buat lo. Tips-tipsnya adalah tidurlah saat ngantuk aja, lakukan sesuatu, jangan tidur siang, bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari, olahraga, lakukan ritual tidur, gunakan kasur hanya untuk tidur, jangan ngopi, ngemil sebelum tidur, mandi air hangat 90 menit sebelum tidur, dan nyamankan suasana. Semoga cocok.

Tidurlah Saat Ngantuk Aja


Jangan pergi ke tempat tidur untuk tidur kalo belum ngantuk. Cara ini mengurangi waktu kamu terjaga/melek di tempat tidur.

Lakukan Sesuatu


Kalo dalam waktu 20 menit diatas kasur lo belum bisa tidur juga, bangun dan lakukan sesuatu sampai lo merasa ngantuk. Misalnya, duduk diam di kegelapan atau baca buku-buku yang tebal. Jangan sampai terkena cahaya lampu, karena cahaya itu memberikan sinyal buat tubuh lo untuk bangun, atau seperti sinyal bahwa hari masih siang.

Jangan Tidur Siang


Dengan tidak tidur siang, ketika lo di kasur nanti malam tubuh lo akan berasa lebih cape dan bikin cepat tidur. Tapi kalo lo emang gak bisa kalo gak tidur siang, lakuin power nap. Power nap itu tidur siang hanya 20 menit, gak boleh lebih. Kalo lebih badan malah lemes tapi kalo 20 menit aja badan lo akan lebih seger jadinya. Tapi jangan tidur siang kalo udah jam 3 sore.

Bangun Dan Tidur di Waktu Yang Sama Setiap Hari


Bangun dan tidurlah di waktu yang sama setiap hari bahkan ketika weekend, hari sabtu dan minggu. Alasannya adalah ketika siklus tidur lo sama, lo akan merasa lebih baik, badan lebih enak jadinya.

Olahraga


Olahraga sangat membantu untuk membuat tidur lebih nyenyak. Coba olahraga 4 jam sebelum tidur, pasti akan lebih nyenyak tidurnya.

Lakukan Ritual Tidur


Weits ritual apaan nih? lo pasti mikir aneh-aneh hehe enggak kok. Ritual maksudnya untuk memberikan tanda ke tubuh lo kalo sekarang saatnya rileks dan tidur. Caranya seperti mendengarkan musik slow 15 menit sebelum tidur, minum susu hangat, dsb.


Gunakan Kasur Hanya Untuk Tidur


Jangan gunakan kasur atau tempat tidur untuk melakukan hal-hal selain tidur. Seperti nonton TV, main laptop, makan, dsb. Jadi ketika lo pergi ke tempat tidur di malam hari, lo tau bahwa sekarang saatnya untuk tidur.

Jangan ngopi


Jangan ngopi 4 jam sebelum pergi ke tempat tidur. Nanti jadinya gak bisa tidur dan malah begadang. Pagi hari aja kalo ngopi atau sore jam setengah empat.

Ngemil Sebelum Tidur


Kalo lo tidur dengan perut kosong, itu bisa bikin lo kebangun tengah malam dan ganggu tidur lo. Makan snack ringan aja cukup untuk ngisi perut lo. Tapi namanya orang Indonesia ya kalo gak makan nasi ya gak kenyang, apalagi kalo cuma nyemil kacang. Jadi, ya boleh lah makan besar sebelum tidur. Abis makan kan biasanya ngantuk tuh, nah itu saatnya tidur nyenyak.

Mandi Air Hangat 90 menit sebelum tidur


Coba masak air dan berendam 90 menit sebelum tidur. Mandi air hangat sebelum tidur akan bikin lo ngantuk, dan menambah kenyenyakan tidur. Ini bukan opini gue, tapi sudah ada penelitiannya. Lo bisa cek DISINI.

Nyamankan Suasana


Ruangan yang terlalu panas bisa bikin tidur gak nyenyak. Yang gue rekomendasikan adalah ruangan yang dingin dengan selimut untuk membuat kita hangat, itu bikin tidur tambah nyenyak.

Kalo lo punya tips tidur nyenyak juga, gue bakal seneng untuk tau dari lo melalui kolom komentar di bawah ini.
Title : 11 Tips Tidur Nyenyak
Description : Gak ada hal yang membuat frustasi selain gak bisa tidur. Cuma gerak kanan kiri di kasur. Pikiran melayang, mikirin hal-hal yang terjadi h...
Enter your email address to get update from Blog Rizal.

4 Responses to "11 Tips Tidur Nyenyak"

makasih ya gan atas tipsnya

baca buku pelajaran di jamin 100% jadi ngantuk gan :D Kazegdid

Copyright © Tips Dari Rizal

Designed By: Rizerz