9 Tips Belanja Online; Membuat Belanja Online Jadi Aman

Di zaman internet ini kita bisa belanja tanpa keluar rumah, namanya belanja online. Tapi yang namanya kejahatan tidak pandang tempat, offline atau online pasti selalu ada. Tapi tenang, gue punya 9 tips belanja online buat lo supaya bisa tetep belanja online dengan aman tanpa merasa khawatir terhadap penipuan.

Pilih Website Yang Terpercaya


Cara yang aman untuk belanja online yang pertama adalah belanja di website yang terpercaya daripada lewat mesin pencari Google, karena Google belum bisa membedakan mana penipuan atau bukan. Contoh website yang sudah terpercaya seperti Amazon.com (toko online luar negeri) dan Lazada.co.id toko online lokal yang terpercaya. Btw, bokap gue sering belanja disitu. 

Cari Tau Identitas, Lokasi, dan Detail Kontak Toko Onlinenya


Seperti yang udah gue sebut sebelumnya lebih baik belanja lewat toko online yang udah terpercaya identitasnya kaya lazada.co.id atau amazon.com supaya aman. Kemudian, pastikan lo tau lokasi pemilik toko onlinenya kalo mau belanja lewat toko-toko online yang kecil/kurang terkenal, kalo ada toko offline-nya makin bagus dan aman. Karena kalo lo ketipu atau barangnya gak sampe, lo bisa samperin langsung ke tokonya. Lalu, pastikan lo tau dan simpen detail kontak toko online tempat lo belanja seperti nomor HP, email, facebook, atau twitter. Gunanya tau kontak mereka adalah kalo misal barang gak sampe, lo bisa komplain langsung ke pemiliknya.


Cari Tau Lebih Banyak


Mencari tau lebih banyak tentang reputasi toko online tempat lo belanja supaya merasa lebih aman lagi. Belum tentu toko online yang punya toko offline yang menjual barang dengan bagus di dunia nyata pasti memiliki servis atau pelayanan yang bagus di dunia maya/online. Reputasi sebuah website atau toko online bisa dicari lewat Google, cari dan baca review dari orang-orang yang banyak tersebar di Google sana, biasanya mereka ngebahas tentang pelayanan toko online tersebut bagus atau tidak.

Cari Tau Tentang Pembayaran, Garansi, dan Pengiriman


Sebelum membayarkan duit lo ke toko online, cek dulu tentang pembayarannya, apakah ada biaya tambahan atau tidak, cara pembayarannya seperti apa. Kemudian, tanyakan dulu lewat kontak yang disediakan apakah ada garansi atau tidak kalo barang yang dibeli kualitasnya buruk atau rusak. Dan jangan lupa minta nomor resi pengiriman supaya bisa cek apakah barangnya udah dikirim atau belum, tanya juga tentang retur/pengembalian kalo barang yang dibeli rusak, gimana proses pengembaliannya, siapa yang membayar ongkos kirim pengembaliannya.

Baca Kebijakan Privacy


Baca kebijakan privacy atau privacy policy toko online tersebut, ini penting. Biasanya toko online yang terpercaya dan punya reputasi bakal ngasih tau bagaimana mereka mengumpulkan data pembeli dan apa yang mereka lakukan dengan data-data tersebut. Baca baik-baik dan pahami kebijakan privacy toko online tersebut supaya lo gak berakhir dengan mendapatkan email spam promosi produk dari mereka.

Pilih Website Yang Aman Kalo Mau Transfer Duit Lewat Website


Kalo lo udah nyaman dengan sebuah toko online, tetep pastikan detail kartu kredit lo diproses melalui koneksi yang aman kalo mau transfer secara online lewat website. Bentuk enkripsi paling umum yang aman adalah Secure Sockets Layer atau SSL, SSL gunanya untuk mengamankan data jadi tidak bisa dibaca oleh sembarang orang. Cara mengecek apa toko online tersebut menggunakan SSL yang aman, seperti ini:

  • Cek browser lo, di mozilla atau chrome, biasanya tulisan http:// berubah menjadi https:// "s" disini berarti secure/aman. Tapi kadang-kadang juga lo gak bakal ngeliat huruf "s" sampe lo masuk ke halaman pemesanan.

Hati-hati Saat Menuliskan Detil Informasi


Salah menuliskan alamat, jumlah produk yang dipesan, dan kode produk yang salah saat pemesanan akan menimbulkan masalah yang cukup merepotkan. Dibaca ulang informasi yang dimasukkan sebelum mengklik tombol send.

Simpan Detil Pemesanan


Setelah memesan barang, selalu simpan detilnya seperti waktu, tanggal, nomor penerimaan, dan konfirmasi pemesanan. Kalo males nge-print, ambil screenshot-nya aja sebagai bukti pemesanan.

Hati-Hati Dengan Email Scam


Hati-hati kalo dapet email dari yang mengaku sebuah perusahaan toko online besar yang meminta informasi tentang detil kartu kredit lo, di luar negri hal ini disebut phishing emails. Tujuan mereka adalah mencuri informasi pemilik kartu kredit. Hati-hati karena sebuah toko online yang terpercaya gak pernah ngirim email untuk mengisi informasi atau login lewat sebuah link.



Title : 9 Tips Belanja Online; Membuat Belanja Online Jadi Aman
Description : Di zaman internet ini kita bisa belanja tanpa keluar rumah, namanya belanja online. Tapi yang namanya kejahatan tidak pandang tempat, off...
Enter your email address to get update from Blog Rizal.

Copyright © Tips Dari Rizal

Designed By: Rizerz