4 Tips Menghilangkan Stres; Mudah dan Ampuh Menghilangkan Stres Sendiri

Gue punya tips menghilangkan stres buat lo, tapi sebelum itu gue mau basa-basi dikit dan kasih fakta tentang stres. Tinggal di ibukota atau kota-kota besar lainnya memang membuat banyak orang stres. Khususnya untuk ibukota, riset terbaru mengatakan bahwa otak penghuni ibukota merespon stres lebih kuat daripada penghuni desa. Jelas sekali kenapa orang kota lebih stres daripada di desa, salah satu penyebabnya yaitu macet dan di desa gak ada macet yang bikin penghuni desa lebih tenang hidupnya dan jauh dari stres. Oke, gak usah berlama-lama lagi, berikut ini tips menghilangkan stres buat lo, semoga cocok.

Meditasi


Meditasi beberapa menit per hari dapat mengurangi kecemasan. "Penelitian mengatakan bahwa meditasi secara rutin dapat mengubah jalannya neural otak yang membuat kita lebih tahan terhadap stres" itulah yang dikatakan seorang psikolog Robbie Maller Hartman, PhD.

Melakukan meditasi sangat simple atau sederhana sekali. Duduk diatas kursi, atau bisa juga duduk sila di bawah. Badan harus lurus tegap, lalu pejamkan kedua mata. Fokuskan pikiran dan konsentrasi saja pada aliran nafas, supaya tidak terganggu pada pikiran-pikiran yang macam-macam. Sehingga pikiran-pikiran yang mengganggu dibiarkan saja menghilang. Kalo lo bingung dan gak ngerti apa yang gue tulis barusan. Jadi begini, meditasi itu intinya sit down and simply doing nothing. Duduk dan gak ngelakuin apa-apa. Gampang kan? cuma duduk, merem dan rileks.

Tarik Nafas Dalam-dalam


Luangkan waktu 5 menit aja untuk diam dan fokus pada pernafasan. Duduk tegap, mata terpejam, kedua tangan di atas perut. Tarik nafas sehalus mungkin sedalam-dalamnya melalui hidung, rasakan aliran nafasnya melalui dada sampai ke atas kepala. Dan keluarkan nafas melalui mulut. Lakuin itu berulang-ulang selama 5 menit per hari aja itu udah cukup buat mengurangi stres.

"Menarik nafas dalam-dalam melawan efek dari stres dengan menurunkan kecepatan (detak) jantung dan menurunkan tekanan darah," itulah yang dikatakan seorang psikolog Judith Tutin, PhD.

Berinteraksi


Hubungan sosial adalah satu alat yang ampuh untuk mengendalikan stres. Keluarlah temui teman-teman untuk ngobrol atau becanda. Paling tidak melalui telpon atau sosial media.  Ceritakan apa yang terjadi, apa yang lo rasain. Hal ini membuat lo lebih lega. Semua orang pasti suka kumpul-kumpul bareng temen atau pacar, ngobrol ngalor ngidul, ketawa-ketiwi. Stres pasti ilang, paling enggak berkurang lah.

Kompres


Taruh kain hangat di sekitar leher dan pundak lo selama 10 menit. Tutup mata, rileksasikan leher, pundak, punggung lo. Rasakan sensasinya, dan perasaan-perasaan yang bikin stres itu mulai menghilang.

Kesimpulan


Seberat apapun masalah lo, jangan sampe jadi stres. Kalo udah terlanjur stres, ikutin tips gue di atas, insyaallah hilang stresnya. Kalo lo punya tips menghilangkan stress lainnya, gue bakal seneng untuk tau dari lo melalui kolom komentar di bawah.
Title : 4 Tips Menghilangkan Stres; Mudah dan Ampuh Menghilangkan Stres Sendiri
Description : Gue punya tips menghilangkan stres buat lo, tapi sebelum itu gue mau basa-basi dikit dan kasih fakta tentang stres. Tinggal di ibukota a...
Enter your email address to get update from Blog Rizal.

Copyright © Tips Dari Rizal

Designed By: Rizerz