3 Tips Menghadapi Ujian Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Ujian tengah atau akhir semester kadang menjadi sesuatu yang menakutkan bagi Mahasiswa atau siswa. Tapi hal itu gak akan terjadi kalo kita punya persiapan. Bagaikan perang, ujian juga perang untuk mendapatkan nilai yang bagus. Dalam perang siapa saja jika tanpa persiapan atau strategi pasti akan kalah. Gue punya tips menghadapi ujian buat lo, semoga cocok.

"Gagal bersiap-siap berarti siap untuk gagal." ~ Mike Murdock.

Understanding, not memorizing


Cara biar lo siap menghadapi ujian dan dapet nilai bagus, ya belajar. Weits, tapi belajar yang gimana nih? belajar yang baik itu belajar untuk memahami, bukan menghafal. Understanding, not memorizing. Kebanyakan pelajar-pelajar di Indonesia, belajar dengan cara menghafal materinya. Contohnya, misalkan besok hari selasa ujian dimulai dan hari senin malamnya baru belajar dengan menghafal materi sampai pagi. Cara SKS (sistem kebut semalam, bahkan ada yang sejam) seperti ini sangat tidak efektif. Tidak efektif karena materi yang sudah dibaca semalaman itu seringnya hilang besok paginya, kita akan sulit memanggil keluar materi yang dipelajari saat kebetulan itu adalah jawaban dari soal ujiannya. Mulai sekarang, belajarlah dari jauh-jauh hari. Tidak mungkin kita bisa memahami materi dengan baik kalau belajarnya H-1, mustahil. Materi yang dipelajari jauh-jauh hari dengan memahaminya sebaik mungkin biasanya akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan cara menghafal materi semalaman.

Buat Catatan


Setelah belajar dan memahami materi-materi yang akan diujikan. Catat materi-materi itu. Gak perlu mencatat semuanya seperti anak SD yang mencatat dengan didikte gurunya. Catat poin-poin pentingnya aja, jadi kalo lo buka tuh buku catatan, terus lo liat tuh poin-poinnya yang penting, lo bakal langsung inget detail-detail materinya. Gitu aja sih. Kalo mau tau cara mencatat yang efektif, coba search aja di mbah Google.

Refreshing Menjelang Ujian


Dalam rentang waktu dua atau tiga hari lah jangan buka buku sama sekali, sekarang saatnya refreshing. Melepas penat setelah belajar keras. Pergi jalan-jalan ke tempat wisata bareng teman-teman atau pacar misalnya. Keuntungannya setelah refreshing ini, otak dan pikiran akan berasa lebih segar untuk menghadapi dan mengerjakan soal-soal ujian yang susah itu. Nah, di H-1 buka buku catatan lo. Itulah keuntungan punya catatan, jadi di H-1 gak perlu belajar semuanya sekaligus. Bisa dengan baca poin-poinnya aja yang udah lo catat.

Kesimpulan


Belajarlah dengan cara memahami, buat catatan yang efektif, dan jangan lupa refreshing sebelum ujian. Semoga berhasil, semangat!
Title : 3 Tips Menghadapi Ujian Untuk Mahasiswa dan Pelajar
Description : Ujian tengah atau akhir semester kadang menjadi sesuatu yang menakutkan bagi Mahasiswa atau siswa. Tapi hal itu gak akan terjadi kalo kit...
Enter your email address to get update from Blog Rizal.

2 Responses to "3 Tips Menghadapi Ujian Untuk Mahasiswa dan Pelajar"

Copyright © Tips Dari Rizal

Designed By: Rizerz