5 Tips Belajar Yang Baik Yang Bisa Bikin Lo Pinter!

Belajar yang baik harus dimulai dengan niat yang baik, dengan tujuan yang baik. Tips belajar yang baik ini bisa lo coba, tips belajar ini bisa untuk anak sekolah atau kuliahan.

Tips belajar ini akan berkisar pada pembahasan memilih waktu yang tepat untuk belajar, dan cara memahami pelajaran yang susah.


Memilih Waktu Yang Tepat; Pagi, Siang atau Malam?


Tips belajar yang baik yang pertama ini adalah memilih waktu belajar. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda dalam belajar. Ada yang senang belajar di malam hari, ada yang senang belajar di siang hari.

Saran gue sih cobalah belajar di pagi hari setelah bangun tidur. Karena saat itu, otak kita sedang tajam-tajamnya untuk mencerna pelajaran.

Itulah tips belajar yang baik yang pertama, lanjut ke tips  belajar yang baik yang kedua!

Cara Memahami Pelajaran Yang Susah


Tidak ada yang susah sebenarnya. Masalah yang sebenarnya adalah pada anggapan kita pada mata pelajaran tertentu. Misalnya, gue menganggap bahwa matematika itu susah.

Ya akhirnya, matematika jadi susah beneran karena gue udah mengganggap itu susah. Jadi, ubahlah anggapan itu dalam tahap awal untuk bisa memahami pelajaran yang susah.

Itulah tips belajar yang baik yang kedua, lanjut ke tips belajar yang baik yang ketiga!

Sediakan Waktu Lebih!


Sediakan waktu yang lebih untuk pelajaran yang susah. Kalo lo kesulitan dalam bahasa inggris, habiskan waktu lo lebih banyak untuk belajar bahasa inggris. Kalo pelajaran yang udah lo anggap lebih mudah, sediakan waktu lebih sedikit daripada pelajaran yang susah.

Itulah tips belajar yang baik yang ketiga untuk memahami pelajaran yang susah, lanjut ke tips belajar yang baik yang keempat!

Tanya!

Tanyakan pada orang yang mengerti pelajaran yang susah itu. Tanyakan kepada teman yang mengerti, biasanya kita lebih bisa mencerna penjelasan teman dibandingkan penjelasan guru. Ada yang pernah ngalamin ini? Gue sering, terutama dalam matematika.

Tapi gue gak menyerah gue coba tanya sama temen gue yang ngerti itu pelajaran, dan lalu teman gue  menjelaskan dan akhirnya gue paham. Entah mengapa penjelasan teman lebih mudah dicerna daripada guru. Tapi cobalah bertanya pada guru atau siapa saja yang lo suka.

Intinya kalo gak ngerti: Jangan diem aja, TANYA! Itulah tips belajar yang baik yang keempat, lanjut ke tips kelima!


Bacalah!

Banyaklah membaca buku-buku atau blog-blog yang berhubungan dengan pelajaran yang susah itu. Karena semakin banyak yang lo baca, semakin banyak pengetahuan lo tentang mata pelajaran yang susah itu.

Contohnya, gue sekarang lagi belajar menganalisa kurikulum. Gue cari ebook yang berhubungan dengan menganalisa kurikulum, gue baca juga blog-blog yang berhubungan dan alhamdulillah ya gue jadi ngerti pelajaran yang susah ini. Gitu.

Itulah tips belajar yang baik yang terakhir, yaitu tips belajar yang baik yang kelima. Hal inilah yang sering gue lakuin hampir tiap hari. Lo juga harus mulai membaca lebih sering, lebih banyak, siap?

Kesimpulan


Itulah 5 tips belajar yang baik yang bisa lo praktekin, dan semoga lo bisa lebih asyik dalam belajar. Gue tunggu komentar lo di bawah, pasti gue baca!


Title : 5 Tips Belajar Yang Baik Yang Bisa Bikin Lo Pinter!
Description : Belajar yang baik harus dimulai dengan niat yang baik, dengan tujuan yang baik. Tips belajar yang baik ini bisa lo coba, tips belajar ini b...
Enter your email address to get update from Blog Rizal.

Copyright © Tips Dari Rizal

Designed By: Rizerz