3 Tips Menjaga Kesehatan; Lakukan Biar Lo Tetep Sehat!

Gimana sih caranya biar tetep sehat, fit dan bugar? Ada banyak cara sebenarnya di luar sana, tapi sekarang gue mau ngasih 3 tips menjaga kesehatan yang kalo lo pake bukan mustahil badan lo akan tetep sehat. 

Apalagi kalo lo orang yang sibuk, kerja kantoran dari pagi sampe pagi lagi, anak kuliahan yang dikejar deadline tugas atau skripsi. Yah, kalo gue sih sibuk... Sibuk santai, jadi bisa ngasih tips menjaga kesehatan di blog ini. 

Sebelumnya gue mau bercerita tentang masa kecil gue yang selalu sakit-sakitan, tiap minggu gue selalu masuk rumah sakit untuk dirawat. Bahkan gue pernah harus minum obat selama sembilan bulan. 

Dan ini membuat gue berpikir untuk berubah waktu SMP, untuk mulai hidup sehat dan terima kasih kepada Tuhan yang memberikan gue kekuatan untuk berubah menjadi lebih sehat. 

Dan tips menjaga kesehatan ini adalah yang gue jalanin selama ini yang merubah gue menjadi lebih sehat daripada saat masih kecil, gue kasih buat lo sekarang.

Oke, gak usah lama-lama, ini dia 3 tips menjaga kesehatan buat lo guys!

1. Tidur yang teratur. Ya, tips menjaga kesehatan yang pertama adalah tidur teratur. Apa maksudnya? Ya, lo harus punya jadwal tidur yang teratur. 

Tidur yang bagus katanya sih jam 9 malam sampai jam 4. Kalo gue sih jam 9 malam sampai sebangunnya gue tidur, jam 6 atau jam 7. Terserah kita lah, ya gak? Hidup, hidup kita ini bukan hidup orang lain. 

Kenapa kalo tidur teratur bisa bikin badan tetep sehat? Sederhana aja sih, coba lo begadang terus tiap hari terus tiap paginya lo harus kerja atau sekolah, ya mampus itu badan. 

Gue gak bisa jelasin ilmiahnya, tapi yang gue rasain kalo abis begadang itu badan jadi lemes paginya, emosi juga gak stabil rasanya pengen nampol muka orang mulu. 

Lagian, kalo begadang itu bagus, Pak Haji Rhoma Irama gak bakal bikin lagu begadang yang katanya kita gak boleh begadang kalo gak ada artinya.

2. Makan Makanan Yang Sehat. Apaan aja tuh makanan yang sehat? Kalo gue sih simple aja, sebagai anak yang lahir tahun 90an, makanan sehat menurut kami adalah 4 sehat 5 sempurna. 

tips menjaga kesehatan
4 sehat 5 sempurna


Empat sehat lima sempurna itu makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah, dan susu. Dah, itu aja. 

Satu lagi pesan dari mama "Jangan jajan sembarangan!" 

Ya, memang gue ini juga sering bandel. Contohnya, waktu masih kecil gue sering jajan Orson, Kripik lidi pedes yang bikin batuk, Ager abang-abang yang lewat depan rumah tiap hari yang punya permainan berhadiah ager atau cilok, dan masih banyak lagi. 

Oh ya, gorengan juga kalo bisa lo kurangi. Gue bilang kurangi, karena gak mungkin buat orang-orang kaya gue yang terlalu sibuk dan sering bergaul yang biasanya makanan pas ngumpul itu gorengan, dan gue gak yakin bisa menghilangkan atau menghindari 100% makanan ini.

3. Olahraga 3x Seminggu. Ya, pastinya lo dah tau kenapa harus olahraga biar lo tetep sehat. 

Kalo sekarang lo udah lulus sekolah, coba inget-inget kondisi badan lo dulu pas sekolah yang udah terjadwal olahraga satu kali dalam seminggu dengan badan lo yang sekarang kalo lo gak pernah olahraga lagi. 

Pasti beda rasanya, badan waktu sekolah rasanya lebih seger daripada sekarang kalo lo kerja kantoran duduk terus depan layar komputer gak pernah olahraga. Maka dari itu, kalo dulu waktu sekolah aja yang cuma satu kali seminggu badan lo lebih fit, lebih sehat daripada sekarang, kenapa gak lo coba lagi olahraga satu kali dalam seminggu. 

Apa perlu lo balik ke sekolah lagi? Ya, gak perlu lah. Lo bisa sekarang mulai olahraga lagi!

Lalu katanya sih yang bagus olahraga itu tiga kali dalam seminggu, itu yang disaranin banyak orang yang gue temuin, dan buku yang gue baca. Kalo bisa tiap hari malah lebih bagus. 

Mungkin lo bingung mau olahraga apa karena kesibukan lo yang kerja dari pagi sampe malem. Untuk para pekerja dan mahasiswa gue saranin untuk pergi ke Gym terdekat, cari yang murah sebab banyak yang murah sekarang ini. 

Gym tempat gue olahraga tiap hari aja cuma Rp. 60.000/bulan. Kenapa harus ke Gym? Karena disana lo bakal ketemu orang-orang yang bisa memotivasi lo untuk olahraga terus, dapet temen baru juga, lo akan lebih serius kalo di Gym daripada di rumah.

Dengan membayar biaya bulanan untuk olahraga, lo juga bakal mikir gini "Wah sayang nih kalo gue dah bayar bulanan tapi gak dateng ke Gym" Dengan begini lo pasti deh, pasti bakal gak males olahraga.

Karena biasanya, kalo bayar itu lebih serius daripada yang gratisan seperti jogging di sekitar komplek yang biasanya berujung jajan somay di pinggir jalan.

Oke, mungkin sekarang lo mikir cape abis pulang kerja enaknya tidur, ya memang enak sekarang tapi berapa tahun lagi badan lo akan jadi lebih gak sehat karena gak pernah olahraga. 

Temen gue di Gym juga banyak yang pekerja, tapi mereka menyiasati saat pulang kerja gak langsung pulang tapi mampir ke Gym dulu untuk olahraga barang 30 menitan lah udah cukup. 

Intinya sih gak perlu ke Gym, yang penting lo olahraga apa aja yang penting berkeringat. Olahraga gak bikin lo cape kok, malahan stamina kita makin joss waktu belajar atau bekerja sehari-harinya.

Kesimpulan


Itulah 3 tips menjaga kesehatan; tidur teratur, makan makanan sehat, olahraga 3x seminggu. Gue tunggu komentar atau pertanyaan lo di bawah, pasti gue baca semua!
Title : 3 Tips Menjaga Kesehatan; Lakukan Biar Lo Tetep Sehat!
Description : Gimana sih caranya biar tetep sehat, fit dan bugar? Ada banyak cara sebenarnya di luar sana, tapi sekarang gue mau ngasih 3 tips menjaga...
Enter your email address to get update from Blog Rizal.

Copyright © Tips Dari Rizal

Designed By: Rizerz