Keseimbangan Hidup

Keseimbangan sangat penting dalam kehidupan kita sebagai manusia. Jika tidak seimbang, maka akan ada yang hancur pada satu sisi. Keseimbangan hidup adalah karir, sosial, keluarga dan kesehatan.

Karir


Ada orang yang senang bekerja terus-terusan. Bekerja tidak kenal henti sampai larut malam. Tidak ada waktu untuk keluarga apalagi kehidupan sosial. Rumah hanya seperti hotel, tempat untuk beristirahat dan lalu bekerja lagi esok hari. Begitu terus jalan hidupnya. Sebenarnya bekerja terus-terusan tidaklah baik untuk kesehatan kita karena lelah dan tidak sempat untuk berolahraga. Lalu waktu berkualitas dengan keluarga menjadi sedikit. Kehidupan sosial seperti berorganisasi atau kerja bakti saja misalnya, sulit sekali menyempatkan diri melakukannya.

Sosial


Kehidupan sosial sangatlah penting, karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial. Tidak bisa manusia hidup sendirian. Maka, sempatkanlah waktu satu hari dalam seminggu atau sebulan untuk kegiatan sosial. Kegiatan sosial tidak melulu soal membantu orang kurang mampu atau kerja bakti. Tapi bersosialisasi dengan teman-teman di sekitar rumah atau teman-teman lama kita. Untuk apalah punya banyak uang setelah bekerja hanya untuk makan sehari-sehari saja, gunakan jugalah untuk bersenang-senang dengan teman-teman tapi bukan untuk foya-foya. Ya sekedar nonton film atau makan bareng aja cukup.

Keluarga


Ya, keluarga adalah nomor satu dalam hidup. Keluarga tempat kita bersandar. Maka penting sekali untuk melakukan kegiatan bersama dengan keluarga seperti wisata, atau kalau tidak cukup di rumah dan berbincang-bincang, becanda tentang apa saja. Jangan hanya nunduk ke layar HP chatting saja dengan orang lain yang entah ada dimana di luar sana tapi orang yang disamping kita misalnya orangtua atau anak malah kita cuekin saja.

Kesehatan


Kesehatan sangat penting, tanpanya kita tidak bisa bekerja dan bersosialisasi dengan baik. Menjaga kesehatan dengan berolahraga dan makan makanan yang sehati tidaklah urgent tapi sangat penting. Karena tidak urgent atau mendesak ini, makanya jadi seperti tidak penting. Padahal kesehatan sangatlah penting. Luangkanlah waktu setengah jam saja untuk berolahraga dalam sehari. Dengan berolahraga kan badan jadi fit dan stamina membaik untuk bekerja sehari-sehari.

Kesimpulan


Hidup haruslah seimbang antara karir, kehidupan sosial, keluarga, dan kesehatan. Jangan hanya fokus pada salah satunya. Semuanya harus seimbang. Tanpa keseimbangan hidup, maka hidup akan terasa kurang sempurna.
Title : Keseimbangan Hidup
Description : Keseimbangan sangat penting dalam kehidupan kita sebagai manusia. Jika tidak seimbang, maka akan ada yang hancur pada satu sisi. Keseimba...
Enter your email address to get update from Blog Rizal.

Copyright © Tips Dari Rizal

Designed By: Rizerz